A. Pengertian dan Peran Pasar
1. Pengertian Pasar
Pasar merupakan proses tempat penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat harga berdasarkan permintaan dan penawaran
2. Peran Pasar
Berikut adalah peran pasar dalam kegiatan ekonomi
a. Mengatur kegiatan produksi
b. Menetapkan harga dan nilai
c. Mendistribusikan barang dan jasa
d. Menentukan jumlah pembelian dan penjualan
e. Menentukan jumlah persediaan
f. Melakukan promosi
B. Macam-Macam Pasar
Pasar dapat dibedakan menurut jenis, wujud, barang yang dijual, waktu jual beli, nama tempat, dan luas jangkauan distribusi.
Berikut adalah nama pasar berdasarkan waktu jual-belinya
a. Pasar harian
b. Pasar mingguan
c. Pasar bulanan
d. Pasar tahunan
C. Bentuk Pasar
Dalam bentuk pasar akan membahas pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pada pasar persaingan tidak sempurna kita akan membahas mengenai pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
1. Pasar Persaingan Sempurna
a. Pengertian pasar persaingan sempurna
Pada pasar persaingan sempurna menggambarkan suatu kondisi antara penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memperjualbelikan barang sejenis oleh banyak sekali penjual. Setiap penjual tidak ada yang mendominasi pasar sehingga bertindak sebagai penerima harga (price taker)
b. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
1) Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli, namun mereka tidak mampu memengaruhi harga
2) Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual
3) Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan
4) Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar
5) Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah
6) Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan
c. Laba maksimum dalam pasar persaingan sempurna
1. Penerimaan total (total revenue)
2. Penerimaan rata-rata (averga revenue)
3. Penerimaan marjinal (marginal revenue)
4. Biaya marjinal (marginal cost)
5. Biaya total rata-rata (average total cost)
d. Peran pasar persaingan sempurna bagi masyarakat
Pasar persaingan sempurna mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai pada masyarakat adalah produk dengan mutu terbaik dengan harga murah
e. Kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna
1) Kelebihan pasar persaingan sempurna
Salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna adalah harga terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran
2) Kelemahan pasar persaingan sempurna
Pada pasar persaingan sempurna, barang yang diperdagangkan bersifat homogen. Tidak ada keunggulan suatu produk dibandingkan produk lain dan inovasi pun menjadi terhambat.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat
2) Ciri-ciri pasar monopoli
1) Hanya ada satu penjual
2) Terdapat banyak pembeli
3) Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang dekat
4) Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
Berikut hambatan-hambatan yang dihadapi para pendatang baru untuk masuk pasar monopoli
a. Penetapan harga serendah mungkin
b. Adanya kepemilikan terhadap hak cipta dan hak eksklusif
c. Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distribusi
d. Adanya skala ekonomis yang sangat besar
e. Memiliki sumber daya yang unik
3) Penyebab timbulnya pasar monopoli
a) Ditetapkan oleh undang-undang
b) Penggabungan dari berbagai perusahaan untuk menghimpun modal dalam jumlah besar untuk memproduksi suatu barang dan teknologi canggih
c) Adanya hasil cipta atau karya seseorang (hak cipta/hak paten) yang diberikan pada suatu perusahaan untuk diproduksi
d) Laba maksimum dalam pasar monopoli
4) Kelebihan dan kelemahan pasar monopoli
a. Kelebihan pasar monopoli
* Menghindari produk-produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat
* Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
* Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
* Mendorong penggunaan meisn-mesin generasi baru dengan tingkat teknologi tinggi
b. Kelemahan pasar monopoli
* Penyalahgunaan kekuatan ekonomi
* Adanya eksploitasi terhadap konsumen
* Adanya kesenjangan dalam distribusi pendapatan
* Tidak adanya persaingan
* Mengurangi kesejahteraan konsumen
5) Peran pemerintah dalam pasar monopoli
* Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri
* Pemberian izin pada perusahaan baru
* Pemerintah menetapkan harga
* Menambah penawaran barang dalam negeri dengan cara impor
b. Pasar Oligopoli
1) Pengertian pasar oligopoli
Pasar dengan penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
2) Ciri-ciri pasar oligopoli
Terdapat banyak pembeli di pasar
Hanya ada beberapa penjual
Produk yang dijual dapat bersifat homogen dan juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu
Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
Adanya saling ketergantungan
Penggunaan iklan sangat intensif
3) Kelebihan dan kelemahan pasar oligopoli
Kelebihan pasar oligopoli adalah dengan adanya penerapan teknologi baru, produsen mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk, adanya kebebasan memilih bagi pembeli, dan iklan untuk menunjang efisiensi dalam menjalankan produksi
Kelemahan pasar oligopoli adalah produsen yang telah memiliki modal besar dapat menutup pasar bagi produsen produk sejenis, untuk memasuki pasar dibutuhkan investasi besar, dan adanya persaingan dari produsen untuk mendapatkan konsumen
c. Persaingan pasar monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek. Pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan monopolistik sama-sama pasar yang terdiri dari banyak penjual. Hal yang membedakan diantara keduanya adalah pasar persaingan monopolistik memperjualbelikan barang yang memiliki diferensiasi, sementara pasar persaingan sempurna produknya homogen
1. Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik
* Terdapat banyak produsen atau penjual
* Jenis barang yang dipasarkan berbeda
* Produsen mampu memengaruhi harga
* Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar
* Promosi penjualan harus aktif
2. Kelebihan dan kelemahan pasar persaingan monopolistik
• Kelebihan pasar persaingan monopolistik. Barang yang diperdagangkan pada pasar persaingan monopolistik berbeda, walaupun fungsinya sama. Perbedaan dapat menyangkut kualitas, harga, atau pelayanan.
• Kelemahan pasar persaingan monopolistik. Karena persaingannya yang tajam, perusahaan harus mengeluarkan biaya promosi yang mahal.
D. Peran Iptek terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar
Perdagangan elektronik (e-commerce) memiliki sejumlah kelebihan bagi konsumen, antara lain sebagai berikut
• Kenyamanan atau kemudahan
• Pilihan. Banyak toko yang menyediakan lebih banyak pilihan barang secara daring
Di sisi lain, e-commerce memiliki sejumlah kekurangan bagi konsumen, antara lain sebagai berikut.
Penggan konsumen yang terbatas
Tidak ada kepuasan instan
Produk tidak dapat dilihat dan disentuh
1. Potensi E-commerce di Indonesia
Berdasarkan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Komenkominfo) tahun 2004, yaitu jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 82 Juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk Indonesia.
Pasar daring (e-commerce market place) adalah jenis situs belanja secara elektronik, informasi barang atau jasa diberikan oleh pihak ketiga dan proses transaksi dilakukan oleh operator situs.
Kelebihan dari pasar daring
• Konsumen mendapatkan berbagai barang dan jasa karena banyak produsen yang menawarkan aneka barang
• Konsumen dapat memperoleh barang atau jasa yang diinginkannya tanpa harus mengunjungi toko
• Pembayaran melalui transfer
• Konsumen dapat menghemat waktu
Kekurangan dari pasar daring
• Risiko penipuan
• Risiko keamanan transaksi
• Kurangnya privasi
• Risiko pengiriman
• Kurangnya jaminan kualitas
E. Iptek dan Perubahan Pasar
IPTEK dapat mengubah struktur pasar, misalnya pasar monopoli. Semakin berkembangnya IPTEK memunculkan telepon genggam yang lebih murah dan praktis.
Daftar Pustaka
Ekonomi Bisnis
Penulis: Alam S
Penerbit: Erlangga 2017
Tidak ada komentar