1. Tujuan atau fungsi utama dari adanya kemasan produk adalah melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak.
2. Kemasan produk tidak hanya berfungsi pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tetapi juga melindungi produk ketika dalam proses penjualan di toko-toko ritel atau supermarket.
3. Hal-hal pokok yang perlu diperhatikan desain kemasan, antara lain kesesuaian pada produk, penggunaan bahan baku kemasan, fungsi, penampilan/estetika, informasi pada kemasan, daya tarik bagi konsumen, dan inovasi.
4. Terdapat tiga jenis distribusi, yaitu distribusi langsung, semilangsung, dan tidak langsung.
5. Kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh dalam dunia usaha. Dengan kualitas pelayanan yang baik, akan tercipta pelanggan loyal yang juga dapat memberikan rekomendasi produk Anda kepada orang lain sehingga menambah jumlah pelanggan baru.
6. Menurut Irawan (2002), salah seorang pencetus Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) serta penggagas ide Hari Pelanggan Nasional 2003, ada lima faktor pendorong yang membuat pelanggan merasa puas, yaitu kualitas produk, harga, kualitas layanan,
faktor emosional, biaya, dan kemudahan untuk mendapatkan produk dan jasa.
Daftar Pustaka
Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2019
Penerbit Erlangga
Penulis Wulan Ayodya, S.E., M.M.
Tidak ada komentar