1. Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut.
2. Tujuan promosi pada umumnya adalah sebagai berikut.
a. Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk (barang/jasa) kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
b. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
c. Membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan.
d. Membantu mengangkat keunggulan dan membedakan suatu produk dengan
produk dari pesaing.
e. Menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
f. Memengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.
3. Jenis-jenis promosi, antara lain promosi secara langsung, promosi melalui media offline, dan promosi melalui media online.
4. Media promosi offline adalah promosi untuk memberitahukan tentang produk atau tentang profil kegiatan usaha lewat media dan alat yang wujudnya langsung menyasar target konsumen, tetapi tidak menggunakan teknologi digital. Media promosi offline, antara lain surat kabar, majalah, brosur, baliho, leaflet dan lain sebagainya.
5. Media promosi offline yang dapat dipilih sebuah usaha untuk beriklan, antara lain media promosi ruang terbuka, media promosi bentuk alternatif, media promosi offline bentuk lainnya.
6. Media promosi online adalah media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi atau beriklan dengan media teknologi digital dan internet.
7. Media online yang dapat dipilih untuk berpromosi, antara lain media sosial, blog atau website, marketplace, dan YouTube.
Daftar Pustaka
Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2019
Penerbit Erlangga
Penulis Wulan Ayodya, S.E., M.M.
Tidak ada komentar