1. Pengertian BEP (Break Even Point)
Analisa Break Event Point (BEP) merupakan alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha untuk mencapai nilai impas.
Analisis usaha pembuatan arang briket menggunakan asumsi bahwa:
- a. Perhitungan produksi dilakukan per bulan
- b. Hari produksi per bulan 25 hari
- c. Rendemen bahan (tempurung) terhadap arang 30%
- d. Usia ekonnis drum 12 bulan kapasitas 30 kg tempurung
- e. Usia ekonomis alat cetak 6 bulan
- f. Usia ekonomis tampah penjemuran 6 bulan
D. Strategi Promosi ProdukPeralatan Konversi Energi
Tujuan utama mempromosikan sebuah produk meliputi : (1) memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, (2) meningkatkan angka penjualan, (3) membangun loyalitas konsumen.
Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
- a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen.
- b. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.
- c. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen.
- d. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
- e. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.
- f. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya.
- g. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
2. Sasaran Promosi
Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi adalah menentukan sasaran promosi dengan tujuan agar promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar. Langkah dalam menentukan sasaran promosi diantarannya : (1) tentukan target pasar, (2) tentukan tujuan promosi, (3) buat isi pesan yang menarik, (4) pilih sarana promosi dan (5) buat anggaran promosi.
E. Laporan Kegiatan Pembuatan Produk Bidang Konversi Energi
Laporan kegiatan usaha merupakan penyampaian informasi tentang maju mundurnya sebuah usaha sehingga tercipta komunikasi antara pihak yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan.
Laporan dapat dibedakan menjadi :
• 1. Laporan laba rugi, laporan yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan pada suatu periode akutansi atau satu tahun. Laporan laba rugi terdiri dari pendapatan dan beban usaha.
• 2. Laporan perubahan modal, laporan yang menunjukan perubahan modal pemilik atau laba yang tidak dibagikan pada suatu periode akuntasi karena adanya transaksi usaha pada periode tersebut.
• 3. Neraca, daftar yang memperlihatkan posisi sumber daya perusahaan serta informasi tentang asal sumber daya tersebut.
• 4. Laporan arus kas (cash flow), laporan yang menunjukkan aliran uang yang diterima dan digunakan perusahaan dalam periode akuntasi beserta sumbernya.
F. Evaluasi
Kegiatan pembuatan produk
• 1. Informasi Proyek Pembuatan Model/Produk
• 2. Tugas Pengembangan Proyek
• 3. Nama Produk
• 4. Pekerjaan dan Pendidikan Terkait
• 5. Organisasi
• 6. Langkah Kerja
• 7. Lampiran Portofolio
Daftar Pustaka
Prakarya dan Kewirausahaan
Penulis: RR. Indah Setyowati, Wawat Naswati, Heatiningsih, Miftakhodin, Cahyadi, dan Dwi Ayu.
Cetakan Ke-2, 2017 (Edisi Revisi)
Tidak ada komentar