1. American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan serta untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
2. Menurut Philip Kotler, dalam ilmu pemasaran sering kali para pemasar membagi 10 tipe entitas untuk dipasarkan, antara lain sebagai berikut.
a. Barang.
b. Jasa.
c. Acara.
d. Pengalaman.
e. Orang.
f. Tempat.
g. Properti (hak kepemilikan).
h. Organisasi.
i. Informasi.
j. Ide.
3. Komponen utama dalam pemasaran ada tiga, yaitu outlook, architechture, dan scorecard.
4. Target penjualan merupakan nilai yang ingin dicapai saat usaha melakukan pemasaran. Target penjualan akan lebih baik jika ditentukan dalam jumlah produk yang ingin dijual dan nilai rupiah.
5. Strategi pemasaran 4P, yaitu strategi pada product, price, place, dan promotion. Inti dari strategi pemasaran ini lebih pada meningkatkan keunggulan pada produk, harga, lokasi usaha, dan promosi.
6. Pembuatan alternatif cara penjualan penting direncanakan untuk mengantisipasi jika target penjualan tidak tercapai.
Daftar Pustaka
Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2019
Penerbit Erlangga
Penulis Wulan Ayodya, S.E., M.M.
Tidak ada komentar